rini indah cahyani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
CARA MEMBUAT LAPORAN PTK BAGIAN AWAL Tantangan Hari Ke 80 Gurusiana

CARA MEMBUAT LAPORAN PTK BAGIAN AWAL Tantangan Hari Ke 80 Gurusiana

Sejak diberlakukan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 16 tahun 2009, tentang jabatan guru dan angka kreditnya. Peraturan tersebut berimplikasi terhadap guru-guru, karena mereka dituntut untuk melakukan publikasi ilmiah. Hal tersebut merupakan salah satu unsur dalam Pengembangan keprofesional Berkelanjutan (PKB). Publikasi yang dapat dilakukan oleh sorang guru adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ).

Apa itu yang dimaksud dengan pengertian, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), menurut (Wina : 2009) adalah merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan pendidik untuk meningkatkan kualitas peran dan tanggung jawabnya sebagai pendidik khususnya dalam pengelolaan pembelajaran. https://www.seputarpengetahuan.co.id/2016/04/12-pengertian-penelitian-tindakan-kelas-menurut-para-ahli.html

Tulisan ini akan mencoba menguraikan beberapa hal, yang merupakan sistematika dalam laporan PTK khususnya pada bagian awal yaitu, (a) halaman judul , (b) halaman pengesahan, (c) pernyataan perpustakaan, (d) rekomendasi pengawas, (e) pernyataan keaslian, (f) berita acara seminar, (g) kata pengantar, (h) daftar isi, (i) daftar tabel bila ada, (j) daftar gambar bila ada, (k) daftar lampiran, (l) abstrak atau ringkasan.

Beberapa unsur yang harus ada, dalam membuat halaman judul antara lain, (a) judul penelitian, (b) tujuan penulisan laporan PTK, (c) identitas peneliti, (d) unit kerja peneliti dan alamatnya, (e) waktu laporan penelitian dibuat.

Halaman pengesahan dalam laporan sebuah PTK, akan menunjukkan bahwa laporan tersebut memiliki legalitas. Dalam membuat halaman pengesahan hendaknya memuat beberapa hal yaitu, (a) judul penelitian, (b) idntitas peneliti, (c) tanggal pengesahan, (d) jabatannya yang diikuti tanda tangan dan nama serta NIP.

Jika naskah disimpan di perpustakaan, maka harus ada pernyataan perpustakaan. Isi pernyataan tersebut adalah, yang menyatakan bahwa hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tersebut telah disimpan di perpustakaan. Unsur-unsur yang harus ada alam membuat pernyataan perpustakaan antara lain, pernyataan kepala perpustakaan yang berisi ,(a) judul laporan , identitas peneliti dan unit kerja, (b) sudah diterima dan disimpan di perpustakaan , (c) tanggal, jabatan tanda tangan , nama kepala perpustakaan dan NIP.

Pada bagian Rekomendasi pengawas, Disesuaikan dengan peraturan di dinas masing –masing. perlu diktahui bahwa tidak setiap laporan PTK memerlukan rekomendasi dari pengawas sekolah. tetapi ada instansi tertentu yang mewajibkan setiap guru yang melaksanakan PTK harus mendapatkan nrekomendasi pengawas. Rekomendasi pengawas ini dibuat agar pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK) akan mendapat kesempatan pembinaan dari pengawas sekolah.

Pernyataan keaslian ini juga sangat penting karena pernyataan ini akan menunjukkan bahwa PTK ini adalah asli karyanya sendiri bukan jiplakan. Isi pernyataan berisi tentang (a) jenis laporan, yaitu laporan PTK, (b) judul PTK, (c) nama penulis, (d) pernyataan bahwa pendapat atau temuan orang lain dikutip atau dirujuk berdasarka kode etik ilmiah. Pernyataan keaslian ditandatangani oleh peneliti sendiri dan mengetahui kpala sekolah sebagai atasan langsung.

Setiap guru dalam membuat PTK hendaknya diseminarkan, pada sekolah dimana ia bertugas. sebagai buktinya laporan PTK harus disertai berita acara seminar dan berbagai dokumn seminar PTK. Bukti dokumen itu antara lain, (a) daftar hadir peserta seminar dengan dicantumkan nama dan asal sekolah, (b) notulen pelaksanaan seminar, (c) photo-photo kegiatan seminar, (d) dokumen-dokumen lain yang dapat menunjukkan bahwa seminar benar-benar terlaksana. Seminar PTK wajib dilaksanakan dengan jumlah peserta minimal 15 orang yang berasal dari tiga sekolah.

Selain hal-hal di atas, kata pengantar juga wajib dibuat, karena kata pengantar ini akan memudahkan pembaca mengetahui informasi awal tentang penelitian yang telah dilakukan . Kata pengantar dalam sebuah laporan PTK memiliki tujuan, untuk mengantarkan pembaca terhadap isi laporan PTK yang sedang dibaca. Sedangkan hal-hal yang ditulis dalam kata pengantar antara lain, (a) ucapan syukur kepada Allah SWT, (b) judul penelitian, (c) ucapan trima kasih. Dalammenulis kata pengantar tidak harus ditandatangani, cukup dengan nama singkatan saja atau ditulis kata ‘penulis’saja.

Pada daftar isi dalam laporan PTK, berisi seluruh bab dan subbab yang terdapat dalam laporan penelitian disertai dengan nomor halaman ,tempat bab atau subbab tersebut berada. Daftar isi digunakan untuk mengganbarkan pokok-pokok yang ditulis dan berfungsi untuk mempermudah para pembaca mencari judul atau sub judul dan isi laporan yng ingin dibaca.

Daftar tabel dalam laporan PTK memuat seluruh tabel yang ada dalam isi laporan. Daftar tabel perlu dibuat pada halamn tersendiri. Dalam daftar tabel perlu dicantumkan hal-hal , (a) nomor tabel yang menunjukkan urutan tabel tersbut dituliskan.(b) judul tabel sesuai yang ditulis dilaporan, (c) halaman yang menunjukkan tempat tabel tersebut dituliskan dalam laporan.

Ada beberapa guru dalam pengajuan PAK mengalami kegagalan, karena laporan PTK nya tidak dilengkapi dengan lampiran-lampiran pelaksanaan. Maka laporan PTK harus dilengkapi dengan beberapa lampiran, lampiran tersebut semuanya harus ditulis dalam daftar lampiran.

Jangan lupa pada akhir bagian awal laporan PTK harus dibuatkan abstrak. Yang dimaksud dengan abstrak adalah berupa rangkuman yang menggambarkan isi pokok seluruh penelitian, untuk mengetahui gambaran umum hasil penelitian yang dilkukan, sehingga pembaca dapat membaca melalui abstrak yang memuat informasi ringkas dan utuh. Abstrak yang baik sekuramng-kurangnya harus memuat,masalah pokok penelitian, tujuan penelitian,setting dan subyek penelitian, metode penelitian dan hasil penelitian.

Hal –hal diatas membahas beberapa unsur yang harus ada jika kita akan membuat laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam tahab awal.

#TantanganGurusiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantuuul Bu sgt mrngonspuratif.

06 Apr
Balas



search

New Post